Artikel

Manfaat Lari Pagi untuk Kesehatan

Lari pagi terkadang menjadi hal yang sangat sulit untuk dilakukan. Bukan karena prosesnya yang rumit, namun karena rasa malas yang sulit dihindari. Aktivitas lari pagi mestinya dapat diagendakan menjadi salah satu rutinitas kita karena lari pagi memiliki beragam manfaat untuk kesehatan. Berikut adalah beberapa manfaat melakukan lari pagi secara rutin:

1.Memperpanjang Usia

Penelitian dari Universitas Missouri menemukan bahwa dengan berlari 56 km dalam seminggu, akan menekan resiko kematian hingga 54%.

2. Menyehatkan Jantung

Penelitian dari Universitas Missouri menyebutkan bahwa dengan berlari sejauh 16 km dalam seminggu akan menekan resiko gangguan tekanan darah hingga 39%. Selain itu, gangguan endapan kolesterol bisa di kurangi hingga 34%.Berlari pagi membantu mengurangi resiko yang diakibatkan masalah pembuluh darah karena endapan kolesterol seperti penyakit jantung.

3.Memperkuat Otot

Selain bermanfaat untuk menurunkan berat badan, aktivitas lari pagi juga mampu menambah massa otot, sehingga otot kita akan semakin kuat. Otot yang kuat akan membuat kita lebih bugar.

4.Memperkuat Tulang Kaki

Melakukan lari pagi secara rutin juga turut merangsang regenerasi sel-sel tulang yang bermanfaat untuk kepadatan tulang pinggul, tulang punggung, serta tulang kaki kita, yang dimana saat kita berlari, bagian kaki menjadi tumpuan.Dengan begitu tulang kaki kita terlatih untuk lebih kuat.

5.Menurunkan Risiko Diabetes

Penelitian menemukan bahwa dengan berlari di pagi hari bisa mengurangi risiko diabetes hingga 5%.

Masih banyak lagi manfaat lari pagi untuk kesehatan kita. Mari luangkan waktu untuk lari pagi sebelum mulai beraktivitas.

ingin tahu yang terbaik untuk kulitmu?

Isi form berikut agar konsultan kami dapat membantu Anda